Tuesday 21 March 2017

Pregnancy Blog 3 : Belanja printilan bayi jilid kedua

Assalamualaikum semuaa..

Post kali ini mau ngebahas tentang perintilan-perintilan bayi jilid kedua.. kenapa jilid kedua soalnya ini anak kedua dan pengalaman belanja printilan bayi kedua kalinya hehe... semoga bermanfaat untuk para bumil yg lagi nunggu detik-derik menuju lahiran dan lagi bingung beli baju atau peralatan lain untuk baby nyaa, yu ah belanja 😬😬


25 weeks of pregnancy
Ya di umur kehamilan saya yg baru segini udah mulai beli baju baju dan perlengkapan bayi, ga kecepetan? Pamali loh nanti baby nya gini gini... Pasti pernah denger kalimat itu kaan?.. bagi saya wallahualam, hanya Allah yg bisa menentukan takdir kita kedepannya tapi mudah-mudahan dilancarkan dan sehat terus sampai persalinan nanti aamiin.. 

naah jadi di usia kehamilan saya yg 6 bulan ini perlengkapan bayi udah mulai lengkap, kenapa? Pertama karena rumah saya yg jauh dari kota (loh ini lagi ini lagi haha), ya ini bukan alasan utama mungkin ya, takutnya kehamilan makin besar malah makin cepet cape dan males pergi jauh.. tapi alasan utamanya adalah untuk saving money (tsaah gaya) jadi saya pilih untuk belanja perintilan bayi dulu biar tenang, dan di 3 bulan terakhir ini saya fokus nabung untuk biaya kelahiran dan aqiqah kelak.. begituu..


Baju dan perlengkapan bayi yg sudah tersimpan rapi di lemari hehe


Berdasarkan pengalaman anak pertama, saya bikin list seadanya yg harus di beli, mungkin buibu lain bisa beda beda yaa..

Saya bagi jadi 5 sub judul besar

A. Baju bayi dan assesoris

1. Baju tanpa lengan 6pcs
2. Baju lengan pendek 6pcs
3. Baju lengan panjang 12pcs
4. Popok kain 12pcs
5. Celana pendek 3pcs
6. Celana panjang 12pcs
7. Gurita bayi 6pcs
8. Bedong bayi 6pcs
9. Jumper pendek paket carter isi 5
10. Jumper panjang paket carter isi 5
11. Sarung tangan dan kaki 3pcs
12. Topi dan bando bayi 3pcs
13. Jaket bayi 1pcs

Berdasarkan pengalaman juga, waktu haidar saya beli baju newborn masing- masing itu 1 lusin, dan ternyata ada beberapa yg malah ga kepake sama sekali dan ada beberapa yg kurang banget. Celana pendek misalnya, itu ga kepake sama sekali makanya di anak kedua ini saya hanya beli 3pcs untuk jaga-jaga saja siapa tau nanti malah butuh. Bedong juga dulu saya beli 12pcs yg kepake hanya beberapa, karena haidar hanya bertahan dibedong kira-kira 1 minggu aja, sisanya untuk alas kasur. Nah untuk gurita bayi ada yg bilang lebih baik jangan pakai karena nanti kena bagian dalem perut bayi, kalo pengalaman saya gurita bayi juga bermanfaat untuk tutup bagian udel sampai udel nya puput.

Oiya, untuk baju-baju bayi kebanyakan saya beli online di tokopedia, soalnya ada harga yg bener-bner murah di online, saya share beberapa tokonya ya siapa tau bisa jadi referensi ☺

1. Gab babyshop
Disini saya beli

  • Jumper pendek carter isi 5 RP. 69.500
  • Jumper panjang carter isi 5 Rp. 79.500
  • 1 paket sarung tangan dan kaki Rp. 19.500
  • Bedong bayi isi 4 Rp.77.500
  • Selimut topi carter yg boneka Rp.44.000
  • Topi carter isi 2 Rp.30.000
  • Selimut double fleece Rp.39.500
Lumayan murah dibandingkan beli langsung yaa

2. Ozoora
Saya beli setelan velvet newborn yg panjang (atasan dan celana) itu Rp.29.000
Setelan pendek nya Rp.27.500
Popok kainnya Rp.11.000/pcs

3. Cherry baby kids shop
Saya beli setelan kutung yg libby itu Rp.20.000

Sisanya ada yg beli langsung juga. InsyaAllah next post saya share perbandingan antar merk yaa


Lanjut lagi yaaa..
Nah yg kurang kurang banget itu popok kain, dulu saya stock 12pcs dan inget banget mamah saya sampe beli lagi 12pcs lagi, karena awal2 belum berani pakai pampers dan lagi orangtua jg bilangnya kasian jangan dlu yowes saya nurut saja, tapi haidar full pampers itu pas saya mulai kerja umur 2 atau 3 bulan. Untuk anak kedua ini saya mau coba combine sejak lahir dengan pampers makanya untuk popok kain saya beli 1 lusin saja.

Kalau saran saya untuk beli pakaian newborn ini jangan banyak-banyak apalagi beli yg lucu lucu tahaan dulu karena bayi memang cepet gedenya terus mau dipakai kemana juga soalnya sampai kira-kira umur 1 bulan bayi kl diajak keluar itu masih rentan karena sistem imunnya yg masih menyesuaikan sm dunia ini hehe. Kalo mau beli baju lucu-lucu juga boleeh tapi beli yg ukurannya 3months keatas yaa biar bisa lama dipakainya. 



B. Perlengkapan mandi dan cuci
1. Handuk
2. Washlap 2pcs
3. Baby bather
4. Kosmetik bayi 
5. Tissue basah
6. Kapas dan cotton bud
7. Perlak
8. Sleek

Nah dari pengalaman juga dulu waktu haidar, cara mandiinnya riweh bin ribet karena saya yg masih amatir untuk mandiin bayi yg masih emoy dan merah juga mungkin ya. Jadi dulu cara mandiin hayi itu pertama washlap dan sabunin hayi di perlak khusus mandi, setelah itu pindah ke jolang (jolang keras) dan ini big no dari yg saya alamin selain jolang itu keras untuk bayi, saya nya pun jadi takut udah mah licin pegang badan bayi penuh sabun jadi sering banget ga sengaja bayi jadi kejeduk. Kalo sama paraji sih udah ahli yaa mandiin sampe di bulak balik bayinya di jolang, saya sampe bengong liat paraji yg gutak gitek mandiin bayi merah dibulak balik gitu sereem. Nah maka dari itu bagi saya duh palaur banget ga akan beli jolang lagi deh, jadi untuk anak kedua saya pilih baby bather. Mungkin lebih aman karena kita ga harus pegang bayi nya tinggal tidurin aja di baby bather terus kita mandiin deh simple.

Oiya untuk kosmetik bayi saya pilih switzal lagi biar sama kaya aa nya dari pengalaman sih cocok sm merk itu mudah-mudahan adeknya juga cocok. 

Kapas sama kasa biasanya dikasih dari rumah sakit, ditempel dan diganti tiap abis mandi buat nutupin udel sampai udelnya puput.

Sleek ini harus untuk cuci pakaian bayi biasanya cuma di rendem aja pakai sleek ini, jadi ga nyatu sama pakaian dewasa yg masuk mesin cuci. 


C. Perlengkapan tidur 

1. Set bantal guling selimut kasur kelambu bayi
Alhamdulillah masih ada hibahan dari hayi, tapi untuk bantal selimut saya beli lagi duh gakuaat liat yg lucu-lucu hehe. Selimut dan bantal saya beli di lavie baby shop bandung, selimut 75.000 dan bantal 31.000. 

Bantal saya beli yg bolong mencegah kepala kampeng. Tapi katanya bayi itu bagusnya ga pakai bantal. Hayi dulu kepalanya kampeng sampai saya beli bantal yg isinya kacang hijau gitu supaya benerin kepalanya tapi ternyataa telat haha sabar hayi untung sekarang rambutnya tebal. Jadi tips biar kepala anaknya bulet itu pokonya kalo bayi udah pewe miring aja ke kanan misalnya, kita sebagai mahmud harus gercep lurusin kepalanya, dulu hayi pewee banget madep kanan, ibunya yg masih amatir ini gamau benerin karena takut tidurnya kebangun jadi lah seperti ini haha, oiya sama rajin2 tengkurepin, dulu saya takut kalo udh tengkurepin hayi takut engap padahal mah gapapa malah bagus buat melatih otot leher katanya. Namanya juga belajar dari pengalaman yah, mudah-mudahan ngurus anak kedua ini bisa lebih ahli lagi aamiin..



D. Perlengkapan ibu

1. Gurita atau stagen atau korset 

Ini wajib banget buat kita yg pengen kembali singset dan disayang suami lagi hehe. Dulu saya pakai korset ini sampai hayi 5 bulan whaha lepas karena udah di protes suami "mau sekempleng apa lagi perutnya" gitu cenah. Tapi perut meleber serem banget kaya tumpukan daging gitu pas abis lahiran sampai sebulanan lah, seram pokonya. Alhamdulillah kl saya perut ga dikasih stretch mark, tapi di pangkal pahaa ih banyak! Sekarang aja masih samar samar keliatan. Katanya biar ga ada stretch mark harus rajin pake olive oil minyak jaitun, tapi saya males pisan orangnya ðŸ˜…

2. Breastpad

Breast pad ini penting banget, karena pas hayi asi saya alhamdulillah keluar deres banget, sampe harus disumpel handuk kecil2 yg saya gunting terus dimasukin bra huhu jaman hayi blm tau breast pad.. tapi itu bener2 ga efektif asi masih sampe luber ke baju ke kasur dll, apalagi kl lagi kasih asi yg kanan yg kiri malah ikut ngocor haha yg bikin kita harus ganti baju berkali kali itu baunya amis sama cepel makanya mending pake breast pad.

3. Pompa elektrik

Kenapa elektrik? Karena pas hayi pake pigeon manual jadi pengen coba yg elektrik hehe as simple as that banget. Pengalaman pake manual itu pegeel banget, tapi ritme perahannya bisa kita atur, paling enak itu kalo udah LDR jadi ga terlalu pegel buat perahnya. 
Setelah googling kesana kesini baca baca review buibu lain memang pompa ini cocok2an, tapi dari semua merk banyak yg cocok sama spectra, setelah liat harganya yg wow wow surowow tidak murah haha saya beli pigeon dulu 400an karena manual juga mungkin ya, akhirnya saya cari2 spectra tapi yg murah dan jatuh ke spectra Q saya beli di tokopedia nama tokonya MMMbabyshop harganya Rp.715.000 , ada garansi resmi dari spectra, barang nya segel, dan ada nota + cap kartu garansi di paketnya.. 


pas paket dateng saya langsung cobain ke PD yg kanan lumayan enak juga, eh ternyata asi saya yg kanan masih ada whaha surprisee soalnya hayi sekarang masih asi tapi selalu yg kiri gamau yg kanan.. 
mungkin terdengar mubazir soalnya saya full time di rumah ko mompa trs asip nya buat apa dong.. ga mubazir sama sekalii.. mompa dan menyusui itu gunanya untuk mengosongkan asi di payudara, kalo kosong asi itu akan produksi lagi, jadi dengan seringnya kita mengosongkan asi di payudara kita produksi asi nya jg insyaAllah akan lebih banyak dan payudara kita juga ga sakit, malah kalo ga dikosongin badan kita bisa sampe demam loh ga enak pokonya.

4. Plastik asip

Berhubung dulu pas hayi masih ada botol kaca jadi sekarang coba yg plastik asip momo. Saya beli di tokopedia nama tokonya tokonees harganya Rp.32.999. Enaknya pake plastik asip ga usah tempel label jadi tinggal tulis aja asip ini di perah tanggal berapa dll nya. Kalo botol kaca harus pakai label, lumayan susah dicucinya jd ada bekas labelnya gitu hehe. Tapi enaknya bisa dipakai lagi, kalo plastik asip kan langsung buang sekali pakai.


E. Perlengkapan kalau rejeki berlebih aamin (haha ini judul terngarep)

1. Nuna leaf
siapa sih yg ga pengen nuna leaf hehe. Liat reiew dan photo nya kayanya baby kalo naik itu bisa anteeng banget. Dulu haidar pakai nya pliko bouncer, lumayan enak anteng tapi ayunannya manual ya pakai tangan kita hehe jadi gabisa ditinggal atau nyambil sambil kita nyetrika atau masak misalnya. Tapi alhamdulillah pliko bouncer ini kepake sekalii pas haidar awal-awal mpasi. 

2. Car seat
Berhubung nanti kalau pergi-pergian udah ada anak kedua dan aa nya selalu gamau diem kalo lagi di mobil jadi mau gamau ini jadi list tambahan. Waktu jamannya anak 1 kepikiran juga untuk beli car seat, tapi ternyata ada metode yg lebih hemat yaitu bawa seperangkat kasur tiap pergi pergian haha hemat atau pelit atuh.

Nah kemarin udah ngincer car seat khusus untuk newborn. jadi car seat juga ada untuk newborn dan ada juga buat baby yg udah aga gedean sampai 1 tahun keatas. Bedanya kalo carseat untuk newborn itu biasanya pas dipasang menghadapnya ke arah kita bukan ditempel sejajar di jok mobil terus menghadap kedepan gitu. kalo car seat untuk baby yg udah bisa duduk sampai toddler itu yg biasa ditempel di jok mobil terus menghadapnya kedepan. 

yaa pokonya buat poin kelima ini mudah-mudahan ada rejekinya aamiin..

  

Sejauh ini segitu aja sih perlengkapan bayi yg saya butuhkan untuk baby nomer 2 ini, mungkin bisa beda-beda tiap ibu.. bahkan mungkin untuk bumil anak pertama masih ada list-list tambahan kaya stroller, bouncer dll.. 

Semoga post kali ini bermanfaat yaa buat bumil - bumil yg lagi bingung belanja perlengkapan bayi newborn, semoga lancar dan sehat terus yaa kehamilannya sampai persalinan nanti aamiin

See you on my next post

wassalamualaikum ðŸ˜Š

2 comments:

  1. Waah jd kangen masa belanja2 printilan bayi hihi

    ReplyDelete
  2. Teteh..aku juga tinggal di cililin...infonya bermanfaat sekalii .makasih yaaah.

    ReplyDelete